Wednesday, June 29, 2011

Kebaya : coba sana sini. tanya si ini dan si itu.

Hai, superwoman!
How are things?

Kali ini aku mau sharing soal pengalaman jahit menjahit kebaya ya..

Naah..karena bagi saya dan mungkin bagi kalian :), kebaya (atau gaun atau pakaian lainnya yang akan dikenakan kalian saat hari H) merupakan hal yang krusial, maka saya cukup ‘bergulat otak’ di urusan ini.. maksud saya, saya tidak ‘cukup’ rela (baca : sangat tidak mau untuk merelakan ;P ) untuk pasrah menyerahkan kebaya saya kepada penjahit yang AMU AJA alias asal murah asal (juga) jahitnya..hehe yaah hukum ekonomis memang penting untuk menekan biaya, tapi saya juga tidak punya nyali buat deg-deg an memikirkan nasib kebaya saya.. yaah intinya tidak mau berspekulasi :)

Terlebih lagi saya pernah baca di review seseorang di weddingku.com dia berbagi pengalaman buruknya, kebaya nya yang harus dikenakan hari H (pemberkatan, adat dan resepsi), bernasib naas. Yang 1 hilang raib gitu aja di tangan penjaitnya, dan 2 lagi jadinya acak-acakan dan seperti bukan dibuat sesuai ukurannya.. mba tersebut menyebutkan tempat dia menjahit adalah di NENK BOUTIQUE.. oleh karena itu, saya berharap tidak saya atau kalian yang akan bernasib sama ya :( (untuk mba ‘n’, saya berterima kasih karena sharing nya menjadi pegangan cukup kuat supaya saya tidak bermalas-malasan dalam memilih penjait kebaya saya kelak)

Oleh karena alasan saya di atas, maka saya cukup concern terhadap hal ini.. bermula dari browsing dan blog-ing, tanya sana sini melalui media komunikasi mana pun, saya mencoba mencari rekomen yang paling sesuai dengan saya.. harga dan hasil nya tentu :) memang banyak nama-nama tersohor desainer kebaya sempat masuk ke list saya, tapi yah itu tadi, semuanya saya kembalikan kepada selera dan kemampuan dana yang akan diberikan Pak Donatur :)

Sebenarnya pengalaman menjahit kebaya saya juga tidak banyak, hanya saat wisuda dan lamaran kemarin.. itu juga dengan spekulasi, coba-coba atas rekomendasi orang lain..pada dua pengalaman saya tersebut, saya cukup lengah untuk menanyakan perkiraan biaya di awal saya memberikan kain.. jadinya pas dikasih tagihan, yaaaah lumayan ‘menarik nafas’.. hasilnya tidak mengecewakan, tapi mungkin akan lebih baik jika saya lebih teliti sebelum membeli.. hihi

Tadinya saya akan menyerahkan kebaya pengantin akad kepada designer Myrna Myura (fb account : Myrna Myura/085719377007), lalu kebaya pengantin resepsinya saya memilih untuk menyewa saja.. karena saya pikir, sayang saja kalau buatnya sudah sedemikian bagus dan hanya akan dipakai satu kali.. untuk penyewaan kebaya saya berencana untuk memilih Sanggar Liza (www.sanggarliza.com), yang memang telah saya pilih menjadi vendor penyewaan seragam keluarga inti dan tata busana saya dan pasangan di hari H.

Sanggar liza mempunyai beberapa paket penyewaan yang ditawarkan :
- Paket Lengkap untuk acara akad, paket resepsi atau paket akad-resepsi : paket lengkap ini sudah termasuk pilihan kebutuhan tata busana pengantin, orang tua, among tamu dan penerima tamu. Kebaya pengantin yang diberikan adalah jenis kebaya yang ready stock dan merupaka keluaran lama.
- Paket Kebaya Eksklusif : berupa paket kebaya tambahan, di luar harga paket lengkap, menambah biaya kurang lebih 2-2.5 juta dari harga paket biasa dikarenakan jenis kebaya yang diberikan adalah kebaya keluaran terbaru (1-2 bulan sebelum hari H)
- Paket Kebaya Perdana : berupa paket kebaya tambahan, di luar harga paket lengkap, menambah biaya mulai dari 7.5 juta, kebaya dibuat sesuai keinginan kita, namun hak kepemilikan diberikan kepada sanggar liza.

Untuk jait kebaya di sanggar liza sendiri, bisa berkonsultasi langsung dengan mba Fitri Liza (putri dari pemilik Sanggar Liza, Ibu Liza)., hasil karyanya bisa diliat lewat fbnya (account : Fitri Liza) atau fanpage Sanggar Liza. Sempat terpikirkan juga sih untuk ambil paket perdana ini, tapi akhirnya berubah setelah rapat keluarga untuk lamaran diadakan..hehe

Ketika rapat, tiba-tiba Uwa saya (kaka ipar Ibu Menkeu, named Uwa Nita) dan kakak sepupu saya (putri dari Uwa saya, named Teh Oci), menawarkan penjahit langganannya, named Mba Nita (081514174776/085811399139).. dengan segala promosi dan gambaran kebaya Uwa saya yang memang sudah pernah saya lihat di kawinan kerabat keluarga, saya dan Ibu Menkeu mengiyakan janji temu yang di-arrange Uwa saya..
Pertama kali bertemu, first impression saya, Mba Nita orangnya blank-blakan dan heboh :D (jangan kaget ya kalau kalian jait sama beliau, pembawaannya yang blak-blakan kadang bikin orang yang ga biasa jadi kaget, tapi pada dasarnya orangnya baik sekalii :) ) ..namun hasil karyanya tidak kalah heboh dan bikin saya ngiler! Beliau membawa kebaya pengantin yang sedang dikerjakannya..Hasil payetannya yang full dan cantik bikin saya yang tidak suka payet, malah jadi ingin segera memperoleh kebaya milik saya sendiri (hasil buatan mba Nita tentunya) :)

Akhirnya setelah bertanya ini dan itu serta memilih jenis kebaya yang ingin dibuat (panjang kebaya dan full atau tidaknya aplikasi yang berpayet), mba Nita memberikan biaya yang harus saya persiapkan.. saya dan Ibu Menkeu cukup cocok dengan harganya, memang tidak bisa dibilang tanpa merem sih liat tagihannya..tapi dengan hasilnya yang demikian, saya cukup yakin untuk menjait kebaya di Mba Nita..selain itu, harga yang ditawarkan kepada saya sebagai keluarga pelanggan, cukup jauh dibandingkan dengan penjait lainnya :)

Kami pun kemudian janjian di minggu berikutnya untuk membeli bahan brokat bersama :) belanja sama Mba Nita itu seru, dan sangat membantu dalam memilih warna seragam keluarga dan among tamu yang akan diberikan.. oia, dan asiknya lagi, dengan rekomendasi Mba Nita, maka saya memperoleh harga miring untuk kebaya seragam dari vendor kainnya! Horeee! :D

Karena tidak sabar menunggu kebaya pengantin saya, saya akhirnya menyelipkan bahan brokat saya yang nganggur dirumah.. Saya ingin mencoba hasil jaitan Mba Nita jauh hari sebelum saya memperoleh kebaya pengantin saya nanti..Insya Allah hasilnya sesuai perkiraan ya :) nanti hasilnya saya review di post terpisah :)

Fyi, kalau kamu ingin menjait kebaya di Mba Nita, kamu tidak perlu membeli bahan yang sangat mahal (boleh kamu beli terlebih dahulu, atau janjian dengan mba Nita untuk pergi mencari bahan bersama).. cari bahan yang menurut kamu memiliki bentuk bunga dan engkol yang bagus (engkol itu yang ada di sisi atas dan bawah brokat, biasanya pada kebaya yang dijual per panel, Mba Nita menyarankan engkol pada sisi atas dan bawah yang sama besar, agar terkesan mewah).. soalnya nanti pasti digunting-gunting dan diatur tata letaknya di atas tile polos.. dan biasanya brokat perancis yang mahal itu lebih ringkih kalau diberikan aplikasi full payet..jadi sayang aja sihhh kalau brokat nya mahal-mahal digunakan untuk full payet.. saran saya, pilih brokat semi perancis yang dijual per panel, dengan kisaran harga 150ribu – 300 ribu atau yang dijual per meter saja yang 30ribu-100ribu per meter..kalau memang mau yang bahan brokat perancis, kalian bisa memilih jenis payet sebar nantinya..

Kalau kamu memang punya dana dan waktu lebih (karena rata-rata penjait kebaya itu bisa makan waktu 2-3 bulan, tp kalau yang mau simple aja bisa less than 1 month).. coba deh bikin kebaya di beberapa penjait yang memang berada di urutan teratas dalam list yang telah kamu kumpulkan.. tapi benar-benar dari hasil tanya sana-sini ya.. gunanya apa? Untuk meyakin kamu lebih terhadap hasil yang akan kamu dapatkan nantinya.. cukup kebaya dengan payet sederhana atau setengah penuh saja..tapi tetap harus liat hasil jahit full payetnya juga yaa.. minta ditunjukan saja hasil jahitan sebelumnya..

Oia, dalam waktu dekat, saya juga mau coba beberapa tempat jait hasil rekomendasi teman saya, salah satunya QZM yang terletak di Pasar Sunan Giri (Rawamangun)..yah itung-itung merasakan sendiri hasil rekomendasi orang, biar nantinya ga bingung lagi milih tempat jait kebaya undangan.. untuk hasilnya, mungkin bisa saya masukin review selanjutnya yaaa.. :)

Okeee..Mudah-mudahan apa yang saya share kali ini membantu.. :)

Tetap semangat yaaa! Goodluck for us!

With love,
.vidya anggita iskandar.

No comments:

Post a Comment