Monday, October 10, 2011

Capture Every Moment! (part I)

Hai superwoman!

Di post kali ini, saya masih akan membahas mengenai vendor photography yaa..
Seperti yang saya tulis di post sebelumnya, dalam memilih vendor photography, sebaiknya kalian tanyakan dulu kepada pihak gedung.. apakah mereka telah mempunyai daftar rekanan untuk vendor photo.. pastikan juga apakah mereka hanya memperbolehkan kalian menggunakan vendor yang menjadi rekanan mereka, atau kalian boleh menggunakan vendor lain (dengan fee charge atau tanpa fee charge).. kalau kalian diperbolehkan menggunakan vendor non rekanan dan memang ada fee chargenya, kalian harus kembali memastikan siapa pihak yang menanggung fee itu apakah menjadi tanggungan kita atau tanggungan si vendor nantinya.. bila pilihannya di serahkan kepada kita, maka kita yang harus berdiskusi dengan vendor kita nanti mengenai tanggungan fee charge itu..tapi ada kok penawaran promo yang diberikan beberapa vendor photo dimana mereka menawarkan fee charge nya sudah include dalam paket photo yang mereka berikan..

Kalau pihak gedung tidak mempunyai rekanan vendor photo atau cenderung membebaskan kita dalam memilih, sebenarnya ada positif dan negatif nya.. positifnya, pilihan kita terhadap vendor photo tidak dibatasi.. karena akan cukup sulit jika vendor yang kamu suka, ternyata tidak masuk rekanan gedung.. tapi negatifnya, karena masih terlalu luasnya jangkauan pencarian kita untuk memilih vendor photo, jadinyaaaa PUSIIINGGG!.. naaah kalau sudah begini, harus rajin-rajin browsing, tanya sana sini, liat forum sharing calon pengantin atau datang ke acara-acara wedding expo..

Menurut saya, yang paling bisa menentukan siapakah vendor yang akan kita pilih itu adalah SELERA! Walaupun budget tetep menjadi faktor yang ngekor di belakangnya yaaa.. Yaaap! bagi saya siiih, segitu berpengaruhnya sampai kadang jadi pemicu adu pendapat pasangan yang punya selera berbeda.. dan akan makin heboh lagi kalau selera para orangtua juga ga mau ketinggalan untuk jadi bahan pertimbangan.. kalau saya, Alhamdulillah tidak menemukan masalah dalam menentukan vendor photo... Mr. G mempercayakan selera saya sebagai pilihan.. namun tidak berarti saya asal cap cip cup saja.. beberapa vendor yang telah saya jadikan TOP 5 dan di tambah dengan list vendor cadangan untuk prewedding saya berikan hasil review dan contoh-contoh fotonya ke Mr. G.. Kami berdiskusi dengan mempertimbangkan hasil foto dan juga isi serta nilai penawaran yang diberikan masing-masing vendor tentunyaa.. Alhamdulillah, Pak Donatur dan Ibu Menkeu yang juga saya boyong saat menghadiri sebuah wedding expo dan saya tunjukan hasil foto&penawaran vendor yang saya pilih, mengamini pilihan saya tersebut :D jadilaah DP pun cair saat itu juga.. hehe horee!

Menentukan vendor photo itu juga susah-susah gampang! Hmm.. sama siih kayak milih vendor lain.. hehe :D setidaknya itu terjadi di saya yang sukanya mikirin sampai ‘kutu-kutu’ nya.. haha yaaaa, kodrat wanita ditambah faktor X-Y-Z sebagai pisces dan hasil pembentukan lingkungan yang membuat saya ‘hobby’ mikirin segala aspeknya.. dalam menentukan vendor photo, yang menjadi bahan pertimbangan saya lainnya itu juga mengenai photographer dan marketingnya.. hasil photo yang bisa kita liat itu kan kadang ada unsur ‘smart editing’ yang menjadikannya terlihat baik komposisinya, kreatifitas sang art directornya, tonenya dan lain-lainnya.. tapi gimana dengan photographernya? Apakah cukup kooperatif? :)

Saya bukan foto model yang mungkin sudah terlatih luwes di depan kamera.. apalagi saya suka canggung bila di foto sama orang yang tidak terlalu saya kenal.. Pokoknya, kalau sama orang yang cukup ‘asing’, saya lebih luwes difoto kalau bersama banyak orang atau sama orang-orang yang saya kenal.. Jadi buat saya, adalah penting untuk merasa nyaman saat difoto nanti.. apalagi saat prewedding.. seharian bersama orang yang ‘kewajiban’ nya menghasilkan foto yang baik, akan semakin dimudahkan kalau kita si ‘object’nya juga nyaman difoto kan? Yaah setidaknya bekerja sama buat hasil yang terbaik laah.. kan kita juga yang menikmati seumur hidup ;) Jadiii, saya putuskan untuk bertemu langsung dengan photographernya.. sekedar tanya-tanya dan ‘mencari’ kenyamanannya aja sih dengan beliau.. dan Alhamdulillah.. first impression nya baik dan perfeksionis, itu membuat saya semakin yakin untuk menggunakan vendor tersebut.. mudah-mudahan penilaian saya tidak salah yaa :) amiiinnn..

(to be continue)

No comments:

Post a Comment