Wednesday, April 27, 2011

cap cip cup..belalang kuncup!

halloo superwomen!

setelah menentukan gedung dan DP1 tanda pengikat tanggal sudah dilakukan oleh Menkeu, makaa ada perasaan lega campur panik yang saya rasain. hehe.. kenapa begitu?
hmm..yaah lega karena vendor besar yang paling menentukan bisa terselenggara atau tidaknya acara di tanggal yang dipilih, Alhamdulillah sudah siap.. Panik nya karenaaaa..yes yes yes.. the date already fixed. nam nam nam.. yang kalian perlukan dan harus dilakukan selanjutnya adalah fokus sama vendor-vendor lain dan buat timeline atau schedule pembayaran.. yesss.. it's not a game, ladiesss.. hihi

dalam menentukan vendor lainnya, kita bisa milih satu persatu vendor atau bisa juga saling tumpang tindih..
hmmm.. naaah yukkk kita coba sekarang kita buat list vendor-vendor yang kita butuhkan :

1. Catering.
untuk yang menggunakan hotel, tidak perlu lagi mikirin milih vendor yang mana, cukup memikirkan variasi menu atau package yang hotel tawarkan. oh iya, jangan lupa juga ya, mulai ada bayangan berapa undangan pernikahan kalian, karena perhitungan catering akan dipengaruhi berapa banyak undangan pestanya. untuk rekomendasi catering, sering-sering nanya orang atau minta diundang test food yaa.. dan jangan lupa tanya pengurus gedung, siapa saja rekanan gedung. karena untuk vendor non rekanan biasanya ada charge yang lumayan besar atau malah tidak diperbolehkan sama sekali oleh pihak gedung.. banyak-banyak test food bareng pasangan dan keluarga, karena ini berkaitan selera lidah banyak orang..dan karena pengeluaran terbesar pernikahan adalah di catering, kalian harus pilih yang benar-benar reasonable dan sesuai yaa :)

2. Photography.
untuk memilih vendor ini, biasanya gedung juga punya rekanannya sendiri.. kalau menurut saya, memilihi vendor ini yah benar-benar karena selera saja. misalnya saya dan orang tua saya, jelas sekali perbedaan selera fotonya.. makanya khusus yang ini, saya (mohon maaf yaa pak Donatur dan bu Menkeu, hihi) mengambil kuasa penuh untuk memilihnya.. dan untungnya harga yang ditawarkan vendor yang saya pilih relatif lebih masuk akal dibanding yang orang tua saya mau, jadinya mereka sepertinya rela-rela sajaa (mudah"annnn..haha)..
kalian bisa memilih paket foto mulai dari prewedding sampai dengan acara hari H.. biasanya mereka menawarkan harga yang variatif..dan coba tanya-tanya juga soal bonus layar dan jimmy jib untuk di gedung..syukur-syukur dapat bonus! hehe..biasanya kalau lagi di expo, suka ada promo bonusnya tuuh.. :)

3. Decoration.
kalian bisa memilih vendor yang memang sesuai dengan tema pernikahan kalian.. bila tema kalian adalah pernikahan Internasional, mungkin kalian bisa mempunyai banyak pilihan.. namun untuk yang memilih tema adat tertentu, biasanya gedung punya rekomen tertentu untuk setiap adat.. kalian bisa tanya-tanya contact personnya dan minta diundang untuk lihat performance mereka.. karena saya memilih adat sunda, maka saya memilih vendor yang sudah pernah mendekor dengan nuansa sunda.. harga dekor ini akan bergantung pada banyaknya bunga+ornamen lainnya dan besarnya gedung kita nanti..

4. Acara adat dan kostum.
yang saya maksud di sini, vendor penyelenggara acara adat Tradisional dan embel-embel lainnya, seperti tata busana dan rias keluarga, saudara, dll.. karena saya mengambil acara nya bertema tradisional sunda, maka saya fokus ke vendor yang memang sudah dikenal bagus dalam menyelenggarakan acara adat sunda dan lain-lainnya.. saya memilih sanggar yang juga menyediakan jasa membuat/menyewakan kebaya&beskap pengantin serta tata busana sunda untuk keluarga dan saudara saya..
untuk yang Internasional, mungkin cukup cari vendor designer untuk pribadi dan keluarga lainnya..

5. Music dan MC.
vendor ini bisa kita pilih sesuai nuansa acara yang kita mau, kalau mau suasana tradisional, bisa kita pilih vendor yang memainkan alat musik tradisional..tapi kalau mau yang lebih nasional, mungkin kamu bisa milih chamber atau semi band yang membawakan musik jazz atau pop.. kalau untuk yang chamber atau band, kalian bisa request lagu-lagu yang ingin kalian dengarkan saat acara.. untuk kalian yang berbudget lebih untuk acara musik, kalian bisa saja undang artis-artis jika kalian mau :) oia, untuk MC, disesuaikan sama kebutuhan kalian yaa.. mau yang bisa menyentuh tamu para orangtua saja atau yang netral.. kebanyakan sih vendor Entertainment menyediakan jasa MC dan Music beserta soundsystem..

6. Invitation Card.
untuk pemilihan desain kartu, kalian bisa browsing atau mencari contoh undangan yang pernah kalian terima dan bawa ke jasa percetakan (biasanya banyak tuh di pasar tebet)..atau bisa langsung ke jasa pembuat kartu (desain dan cetak).. nanti kalian bisa memilih model dan bahan yang ada, atau mengkombinasikan dari beberapa model.. untuk desainnya, lebih baik kita berdiskusi dengan pasangan dan orangtua, agar lebih objektif seleranya..hehe..

7. Souvenir.
vendor ini biasanya juga dipilih sama dengan vendor Invitation, tapi bisa juga dipilih secara terpisah.. pilih souvenir apa? hmmm.. lagi-lagi masalah selera dan konsep.. dan balik lagi mau yang lebih fungsional atau hanya sekedar 'souvenir'..
coba pelan-pelan aja cari ke beberapa vendor atau browsing-browsing.. pilih yang memang ingin setema dengan pernikahan kalian atau memang yang kalian rasa bagus atau bisa yang bagus dan bernilai guna :)

untuk vendor lainnya, seperti vendor untuk bahan/kain seragam, soundsystem, catering rumahan dan tenda (tenda, ac, kursi dll) untuk lamaran atau acara lainnya di rumah, bisa kalian masukkan juga sebagai vendor tambahan yaaa..

aanndd..the last but not the least : VENDOR CINCIN! hihi jangan sampe lupaaa yaa yang satu ini ;)
kalian bisa mencari contoh desain cincin dan membawa ke tukang emas, atau langsung ke toko cincin yang sudah mempunyai desain cincin sendiri..

happy hunting, ladies!
Goodluck for us!

see you, superwomen!

love,
.vidya anggita iskandar.

No comments:

Post a Comment