Wednesday, April 6, 2011

set the 'H'- day.

hallo superwomen! :)

kali ini kita membahas soal tanggal yuk :)

seperti yang sudah aku post sebelumnya, dalam menentukan hari baik pernikahan itu semua orang pasti berbeda-beda caranya.. ada yang dikarenakan ingin menikah di tanggal unik/bagus (seperti saya hihi :p), atau dikarenakan adanya perhitungan tanggal baik oleh sesepuh keluarga, atau emang karena pas tanggal kosongnya gedung aja (kalau kalian termasuk kategori ini, beruntunglah kalian pasangan yang memang fleksibel dan cenderung tidak terikat idealisme tertentu :) )..

dari beberapa teman saya yang berasal dari keluarga jawa yang cukup kental atau sangat kental memegang teguh budaya jawanya, biasanya mereka menanyakan terlebih dahulu kepada sesepuh keluarga mengenai tanggal baik yang dianjurkan.. saya pernah coba browsing-browsing mengenai cara menghitung tanggal baik pernikahan.. ada sebuah web yang menyediakan otomatis perhitungan tanggal nya..kita hanya cukup melihat bulan dan tahunnya saja (seperti kalender)..lalu di setiap bulan itu, ada tanggal-tanggal yang diberikan tanda tidak baik beserta artinya.. kebetulan sekali tanggal yang saya pilih tidak termasuk yang ditandai tidak baik (Alhamdulillaah..walaupun saya tidak percaya atau memang tidak menerapkan budaya hitung hari baik seperti ini, setidaknya ada perasaan lega juga sih pas tau tanggal yang saya dan Mr.G itu termasuk tanggal baik :) )..
lalu ada juga di satu web yang menjelaskan perhitungan tanggal berdasar hari kelahiran Calon Pengantin Pria (CPP) dan Calon Pengantin Wanita (CPW).. naah kalau yang ini, kamu harus tau hari apa dan termasuk hari apa di penanggalan jawa nya.. ketika disini saya agak mentok, soalnya saya tidak mencoba mencari tau hari lahir Mr.G berdasar kalender jawanya.. hehehe jadiii.. PASRAH sajaaa..hahaha

tapi untuk sebagian orang dan mungkin termasuk saya dan Mr.G, kalau menikah di tanggal yang unik atau mudah diingat, ada kepuasan tersendiri rasanya.. saya dan Mr.G, bukan termasuk yang pecinta tanggal-tanggal tertentu untuk hari jadi atau apalah gitu, tapi entah kenapa ketika menentukan tanggal pernikahan, tercetus begitu saja mengenai tanggal yang kami pilih ini.. (masih rahasia yaaa..hehehe)
dan Alhamdulillah, baik keluarga saya maupun keluarga Mr. G setuju-setuju saja..walaupun sebenernya keluarga kami agak lumayan bingung yaaa, karena kok saya dan Mr.G start lebih awal main tunjaktunjuk tanggal semaunya hahahaha..tapi untuuung aja itu cuma dijadikan bahan candaan keluarga..hihi daaaan kebetulan di hari dan waktu yang kami pilih, gedung yang saya pilih masih kosong, walaupun di hari yang sama namun waktu yang berbeda, telah ada pasangan lain yang membayar DP gedung.. tapi tidak masalah lah Insya Allah :)

kalau kalian punya beberapa alternatif tanggal dan bulan, yah tidak ada salahnya kalian cari gedung yang masih kosong pada tanggal tersebut..atau bila kalian sangat fleksibel dan hanya melihat kisaran bulan, yah akan lebih mudah lagi bagi kalian untuk memilih hari atau tanggal yang pasnya..kalau pas banget banyak gedung yang kosong di kisaran bulan yang kalian mau, yaaah itu maaah tinggal tunjuuuuk aja ituuu yang paling sesuai sama keinginan kalian :)
tapi, berdasar pengalaman saya dan mungkin sudah jadi rahasia umum, kalau mencari gedung sekarang ini agak sulit bahkan sangat sulit jika serba mendadak..yaah..jarak 1 tahun untuk melakukan DP gedung dari tanggal yang diinginkan sih menurut saya sudah relatif aman yaa..apalagi kalau kalian menginginkan gedung-gedung yang memang favorit, saya sarankan sih tidak ada salahnya mulai survey lebih awal mengenai gedung atau mulai membayar DP gedung yang memang sesuai dengan pilihan kalian..

Pokoknya sebelum hunting, bismillah (atau doa) saja ya ! Insya Allah segala urusannya lancar lancar dan lancar :) Amiinn.. hihi soalnya ada pengalaman temen saya nih yang entah gimana ada aja jalannya, dimana gedung yang dia mau dan ternyata harus bikin dia jadi waiting list kelima, baru memberitahukan kalau dia bisa menggunakan gedung tersebut di H-2 bulan! hmmm tapi kalau saya ini kan agak-agak panikan dan sangat tidak bisa terombang ambing penuh ketidak pastian yaaaa, jadi saya ga mau ambil resiko seperti teman saya itu yang menurut saya agak super duper nyali tinggi ! hahahaha..

ok, superwomen..
selamat menentukan hari special kalian yaaa!

with love,
.vidya anggita iskandar.

No comments:

Post a Comment